You are currently viewing Jenis dan Kisaran Harga Gigi Tiruan Yang Harus Diketahui

Jenis dan Kisaran Harga Gigi Tiruan Yang Harus Diketahui

Gigi tiruan memiliki berbagai varian dan jenis. Ada jenis gigi palsu yang bisa dilepas dan permanen. Gigi palsu yang bisa dilepas biasanya terbuat dari akrilik, metal, ataupun nilon. Harga gigi tiruan yang bisa dilepas biasanya jauh lebih murah dibandingkan dengan harga gigi palsu permanen. Inilah beberapa jenis gigi palsu yang bisa dipilih. 

Jenis Gigi Tiruan 

Ada berbagai jenis gigi palsu berdasarkan variannya. Anda bisa memperhatikan beberapa hal dibawah ini sebelum menemukan jenis dan harga gigi tiruan terbaik. 

  1. Gigi Tiruan Lengkap 

Gigi tiruan ini memiliki paket lengkap yaitu gigi bagian atas, bawah, dan keduanya. Gigi palsu ini biasanya dipilih oleh para lansia yang tak memiliki gigi sama sekali. Harganya juga berbeda-beda tergantung kualitasnya. Bila dibandingkan dengan gigi tiruan paket sebagian, harganya jauh lebih mahal karena terdiri dari gigi atas dan bawah. 

  1. Gigi Tiruan Sebagian 

Jenis gigi tiruan lainnya adalah gigi palsu sebagian. Jenis gigi ini berguna untuk menggantikan beberapa gigi yang sudah hilang. Gigi palsu ini biasanya memakai material nilon, logam, ataupun plastic. Pemasangan gigi palsu ini biasanya dilakukan dengan menjepit gigi tiruan tersebut. Harga gigi palsu ini jauh lebih murah karena menyesuaikan dengan jumlah gigi yang lepas. 

  1. Gigi Tiruan Lepasan 

Gigi palsu selanjutnya adalah lepasan. Ini berarti gigi tersebut bisa lepas pasang. Anda bisa melepasnya saat tak membutuhkannya biasanya saat malam hari. Pastikan Anda membersihkannya dengan menyikatnya agar terlihat bersih. Gigi palsu lepasan ini mempunyai elemen gigi tiruan akrilik berwarna merah yang mirip gusi. Pemakaian akrilik ini bisa memakai logam sehingga jauh lebih kuat saat dipasang. Harga yang ditawarkan juga bermacam-macam tergantung kualitasnya. 

  1. Gigi Tiruan Cekat 

Jenis gigi tiruan lainnya adalah gigi tiruan yang tak bisa dilepas. Hal ini dikarenakan gigi dilekatkan dengan memakai semen gigi alias gigi tiruan permanen. Gigi tiruan ini biasanya disebut sebagai dental crown. Bahan pembuat gigi tiruan ini berupa resin akrilik, logam, porselen, zirconia, dan bahan komposit lainnya. Gigi palsu ini pada umumnya dipasang untuk menggantikan di posisi gigi geraham. Hal ini dikarenakan gigi ini mirip dengan gigi asli sehingga kuat saat dipakai untuk mengunyah. Harga gigi tiruan ini juga jauh lebih mahal dibandingkan dengan gigi lepasan bisa mencapai 5 jutaan. 

  1. Mahkota Tiruan 

Jenis gigi tiruan yang terakhir adalah mahkota tiruan. Gigi palsu ini dipakai untuk menggantikan gigi yang rusak sebagian ataupun sudah dilakukan perawatan. Crown gigi ini berguna untuk menutup bagian mahkota gigi yang mengalami kerusakan. 

Itulah tadi beberapa jenis dan kisaran harga gigi tiruan yang bisa diperhatikan sebelum memasang gigi tersebut. 

Leave a Reply