You are currently viewing Cara Memasak Dengan Kompor Induksi Bagus Untuk Pemula

Cara Memasak Dengan Kompor Induksi Bagus Untuk Pemula

Kompor induksi bagus untuk dapur rumah tangga modern dengan fitur teknologinya yang lebih canggih. Beralih dari kompor konvensional ke induksi akan membutuhkan penyesuaian dalam banyak hal.

Meski begitu Anda jangan takut! Kami akan menjelaskan bagaimana cara memasak dengan kompor induksi untuk pertama kalinya di bawah ini.

Cara Masak Menggunakan Kompor Induksi

Perbedaan komponen dan cara masak kompor gas dan induksi memang punya perbedaan cukup jauh, namun Anda tak usah khawatir sebab kompor induksi justru menawarkan momen masak lebih menyenangkan.

Begini caranya beradaptasi menggunakan kompor induksi :

1. Persiapkan bahan masak

Menyiapkan seluruh bahan masak adalah hal paling umum yang dilakukan semua orang. Kompor induksi pada dasarnya tak akan membuat masakan jadi cepat matang, hanya panas lebih cepat merata melalui alat masak.

Karena energi panasnya yang cepat, Anda perlu menyiapkan bahan masak lebih awal supaya masakan bisa matang sempurna tanpa gosong sedikitpun.

2. Memilih alat masak yang tepat

Kompor induksi bekerja dengan baik dengan panci atau wajan berbahan logam. Perhatikan lagi apa yang akan Anda masak dan pilih panci yang sesuai.

Cast iron dengan bobot berat dan pemanasan meratanya akan sesuai digunakan untuk masakan yang memakan waktu. Jika hanya merebus dan mengukus, panci stainless lebih sesuai.

3. Kenali fitur kontrolnya

Sebelum mulai masak, pelajari dan kenali masing-masing fitur kontrolnya. Dimulai dari menaikkan-menurunkan suhu, nyala-mati,timer, sampai fitur masak khusus sup, menggoreng, menumis, dan lainnya.

Pelajari suhu yang tepat untuk berbagai jenis masakan supaya hasilnya tetap maksimal.

4. Pelajari durasi memasak

Mengingat kompor ini punya daya bagus untuk menghantarkan panas, banyaklah belajar seputar durasi memasaknya. Contohnya, jika masak dengan panci kecil hanya butuh waktu 1-2 menit saja, jadi jangan sampai ditinggalkan.

5. Jangan takut bereksperimen

Tak perlu takut bereksperimen dengan berbagai hidangan, untuk penggunaan awal Anda bisa mencoba menggoreng telur terlebih dahulu dan memasak hidangan rumit lainnya pada percobaan berikutnya.

Penutup

Itu dia cara memasak dengan kompor induksi bagus bagi pemula. Jadi, jangan ragu untuk terus berlatih hingga nyaman memasak menggunakan kompor modern ini, ya!

Leave a Reply