You are currently viewing Tips Memilih Besi WF dengan Kualitas Terbaik

Tips Memilih Besi WF dengan Kualitas Terbaik

Apabila Anda mempunyai rencana untuk membuat bangunan yang dapat bertahan lama, solusinya yaitu menggunakan struktur konstruksi besi WF. Penggunaan jenis baja berat ini telah dipercaya sejak lama sebagai salah satu struktur konstruksi yang kokoh. Untuk waktu pengerjaannya juga tergolong singkat. Sehingga Anda bisa memangkas biaya proyek. Namun dalam memilih jenis besi WF ini tidak bisa dilakukan secara sembarangan, jadi Anda harus mengetahui triknya.

Cara Memilih Besi WF

Berikut ini adalah beberapa cara memilih besi wf dengan kualitas terbaik untuk bangunan Anda, antara lain:

  1. Fisik Baja Berat

Logam baja mempunyai kekuatan yang paling unggul jika dibandingkan dengan jenis logam lainnya. Daya tahannya yang sangat kuat dalam menahan beban menjadi jenis baja ini cocok untuk dijadikan konstruksi bangunan.

Untuk memilih besi WF yang berkualitas baik, Anda dapat melihat kondisi fisik dari besi tersebut. Jenis besi WF untuk konstruksi agar lebih awet dari karat atau korosi biasanya sudah dilapisi dengan bahan lain seperti alumunium, galvanis, chromium, atau seng.

Pelapisan zat ini dilakukan di pabriknya atau bisa juga ketika struktur konstruksi sudah terpasang di lokasi proyek.

  1. Berat Baja Sesuai SNI

Cara memilih besi WF yang berkualitas berikutnya yaitu harus sesuai dengan SNI. SNI ini menjadi salah satu tolok ukur dari suatu produk yang mempunyai standar berkualitas, yakni dengan sudah teruji oleh BSN atau Badan Standardisasi Nasional.

Baja yang sudah mempunyai label SNI tentu sudah dijamin memenuhi standar, baik dari ukuran, kekuatan, dan keamanannya. Terlebih lagi jika berkaitan dengan baja yang digunakan sebagai penopang struktur bangunan. Tentu tidak bisa asal memilih baja yang banci.

Baja banci kerap disebut sebagai baja yang tidak memenuhi standar. Dimana jenis baja ini dijual di pasaran dengan harga yang relatif lebih rendah dibandingkan dengan yang sudah ber SNI.

  1. Mutu Terjamin

Berikutnya, pastikan bahwa besi WF yang akan dipilih memiliki mutu yang terjamin. Mutu yang ada di dalam besi WF yang baik yaitu dari proses pemroduksian sudah sesuai dengan prosedur. Hal itu juga termasuk dalam standarisasi SNI.

Besi WF biasanya diproduksi dengan menggunakan sistem hot rolled yang memiliki ciri yakni ada satu lengkungan di bajanya. Sistem produksi yang benar-benar dilakukan oleh ahlinya akan menghasilkan elemen besi yang bermutu tinggi.

  1. Garansi

Apabila Anda mendapati sebuah kontraktor yang akan mengurus sebuah proyek, ada baiknya mereka memberikan suatu nilai tambah dari jasanya tersebut. Misalnya saja pemberian garansi. Garansi yang diberikan dari kontraktor ini bisa berupa garansi bahan struktur besi atau garansi desain produk.

Hal tersebut dapat Anda temukan jika memilih kontraktor yang tepat dan terpercaya. Pemberian garansi ini akan menguntungkan Anda, karena Anda tidak perlu lagi khawatir dengan konstruksi yang mengalami hal-hal diluar rencana.

Demikian beberapa tips memilih besi WF yang bisa Anda lakukan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply