You are currently viewing Apa Itu Sous Vide Vacuum? Berikut Kelebihannya!

Apa Itu Sous Vide Vacuum? Berikut Kelebihannya!

Sous vide (suviid) adalah nama teknik memasak yang mana dalam praktiknya memanfaatkan pengaturan suhu air dalam wadah tertentu. Sous vide vacuum atau under vacuum adalah teknik memasak modern yang berasal dari Prancis, dan paling umum digunakan untuk memasak steak.

Pengertian Sous Vide?

Meskipun saat ini teknik memasak sous vide dianggap modern dan banyak diterapkan di restoran besar, namun sebenarnya sous vide sudah dikembangkan sejak pertengahan tahun 1970-an oleh koki di Prancis.

Apa itu sous vide? yakni cara memasak makanan dengan memasukkan bahan makanan ke dalam kantong vakum yang tertutup. Kemudian, kantung tersebut direndam ke dalam air yang suhunya sudah diatur sesuai kebutuhan. Bisa dikatakan bahwa teknik memasak satu ini mengandalkan kemampuan seseorang untuk mengontrol suhu dengan tepat.

Rata-rata suhu yang digunakan, yaitu 600C. Makanan yang dimasak diletakkan di dalam wadah kedap udara, savour sous vide vacuum sealer bags dan direndam dalam air selama kurang lebih 1-72 jam. Dengan catatan suhu air yang digunakan harus stabil. Hal ini bertujuan untuk membuat makanan matang merata dan sempurna.

Kelebihan Teknik Memasak Menggunakan Sous Vide

Teknik memasak sous vide mungkin terdengan rumit bagi orang awam. Namun, sebenarnya inovasi ini telah membawa banyak kemudahan dalam dunia kuliner. Berikut kelebihan sous vide vacuum dibandingkan teknik memasak yang lain, seperti:

  1. Lebih sehat

Teknik sous vide tidak menggunakan minyak yang banyak atau bahkan sama sekali tanpa minyak. Disamping itu, proses memasak yang menggunakan plastik kedap udara yang didesain khusus membuat vitamin dan mineral yang terkandung dalam bahan makanan tidak mudah menguap.

Hal ini tentu berbeda ketika anda menumis, mengukus, atau merebus makanan dengan teknik memasak konvensional. Tanpa kandungan minyak yang tinggi dan nutrisi yang masih utuh, inilah yang membuat teknis sous vide sangat digemari oleh penggemar makanan sehat

  1. Hidangan lebih enak

Teknik sous vide mampu menghasilkan hidangan yang lebih enak karena daging yang dihasilkan biasanya lebih lumer dan empuk merata. Sous vide termasuk proses memasak slow cooking yang bahkan tanpa tambahan bumbu (lada atau garam), rasa dagingnya sudah terasa gurih dan nikmat.

Selain itu, teknik ini juga dikenal dengan kemampuannya untuk mempertahankan sari pati makanan yang dimasak. Sehingga makanan akan tetap kaya rasa dan super juicy.

Sebagai contoh, anda ingin memasak salmon. Dengan teknik sous vide maka hasil yang anda dapatkan adalah tekstur ikan yang lembut dan berwarna merah muda transparan, tapi matang sempurna.

Itulah penjelasan singkat mengenai teknik memasak sous vide vacuum yang diharapkan bisa menambah wawasan anda dalam dunia kuliner, serta bisa anda terapkan sendiri dirumah.

Leave a Reply