You are currently viewing Cara Kerja Ice Cream Machine dan Tips-Tips Penting Lainnya

Cara Kerja Ice Cream Machine dan Tips-Tips Penting Lainnya

Ketika kalian berkunjung ke pusat perbelanjaan, kalian mungkin menemui satu atau dua ice cream machine. Kalian mungkin bertanya-tanya, bagaimana cara kerja mesin yang memproduksi makanan ringan favorit banyak orang ini. Berikut beberapa hal yang perlu kalian ketahui tentang mesin canggih ini.

Cara Kerja Mesin Es Krim

Jika kalian familiar dengan mesin pendingin seperti kulkas dan freezer, prinsip kerja mesin ini juga kurang lebih hampir sama. Menggunakan bantuan refrigeran untuk menurunkan suhu produk. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk menghasilkan es krim dengan mesin ini hanya adonan es krim.

Ketika adonan es krim dimasukkan ke dalam mesin, maka akan ada bagian yang berfungsi untuk mengaduk adonan tersebut hingga membentuk krim. Proses pengadukan ini juga diiringi dengan proses pengkristalan adonan dalam freezing cylinder yang terdapat dalam mesin es krim ini.

Dengan menggunakan mesin ini, kalian tidak perlu lagi mengaduk adonan es krim secara manual kemudian menunggu beberapa waktu untuk mendapatkan produk akhir yang nikmat. Dengan menggunakan ice cream machine ini juga kalian dapat membuka bisnis mikro mendatangkan keuntungan.

Jenis-Jenis Mesin Es Krim

Utamanya, ada 2 jenis mesin es krim yang bisa kalian temukan. Mesin es krim soft serve ataupun hard serve. Keduanya menghasilkan produk akhir jelas berbeda, dengan bahan yang berbeda pula. Es krim soft serve didominasi oleh susu dan merupakan varian favorit. Jenis es krim ini umumnya dinikmati dengan cone ataupun cup.

Sementara itu, hard serve ice cream mengacu pada produk-produk yang umumnya dijual dengan satuan scoop. Gelato juga merupakan bagian dari hard serve ice cream. Meskipun begitu, mesin yang menyediakan hard serve ice cream tidak begitu banyak ditemui.

Tips Membersihkan Mesin Es Krim

Es krim merupakan produk berbahan dasar susu, sehingga setelah proses pembuatan dengan menggunakan mesin es krim, mesin ini perlu dilakukan pembersihan dan juga perawatan. Hal ini juga meningkatkan nilai kebersihan dan keamanan pangan produk yang dihasilkan.

Bagian-bagian seperti katup es krim dan pengaduk penting untuk dibersihkan setiap selesai proses dari satu batch es krim. Kalian juga dapat memasukkan air pada tabung kemudian menjalankan mesin untuk proses pembersihan. 

Selain itu bersihkan juga bagian kipas dan evaporator mesin dengan menggunakan bantuan kuas lembut. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan debu yang dapat memperlambat kerja mesin es krim. Selain itu, kalian juga dapat menggunakan kain lap untuk membersihkan bagian luar dari mesin agar tetap terjaga.

Itulah beberapa hal yang perlu kalian ketahui terkait ice cream machine. Mesin canggih ini menjadi jawaban bagi orang-orang yang ingin mendapatkan es krim secara instan. Dengan harga yang bersahabat juga. Setelah mengetahui informasi ini, apakah kalian semakin tertarik untuk menggunakan mesin ini?

Leave a Reply