You are currently viewing Inilah Cara Merawat Coffee Bean Grinder Agar Tetap Awet

Inilah Cara Merawat Coffee Bean Grinder Agar Tetap Awet

Memiliki suatu barang yang baru tentu sangat menyenangkan hati bagi pemiliknya. Namun, hanya sekedar membeli dan memiliki barang tersebut nyatanya tidak cukup. Dibutuhkan perawatan tertentu agar barang yang Anda beli tetap awet, selain itu jika saja harga barang tersebut mahal tapi tidak dirawat dengan baik maka akan sangat disayangkan. Termasuk juga dengan coffee bean grinder.

Mungkin bagi sebagian orang belum mengetahui bagaimana merawat mesin penggiling kopi yang satu ini agar tetap awet dalam waktu lama. Simak dan ikuti terus tips-tips perawatannya berikut ini!

Cara Merawat Mesin Grinder Kopi

Mungkin Anda bisa saja jika hanya sekedar membersihkan suatu barang namun, jangan sembarangan dalam membersihkan coffee grinder. Anda bisa melakukan cara yang efektif untuk membersihkan grinder.

Sebelum membersihkannya pastikan terlebih dahulu tidak ada biji-biji kopi di dalam hopper. Jika sudah benar-benar kosong tanpa ada biji kopi, lepaskan hopper yang ada pada grinder. Kemudian putar baut sampai burr grinder bisa dilepas.

Sesudah burr grinder terlepas lihatlah sisa-sisa ampas kopi yang menempel bersihkan sampai tidak ada yang tersisa. Selanjutnya bersihkan bagian dalam coffee bean grinder, dengan apa? Dengan kuas yang memiliki ukuran lebih panjang untuk memudahkan membersihkan bagian dalam mesin.

Atau bisa dengan alat vaccum untuk mengangkat ampas kopi yang tertinggal. Kemudian bersihkan pula dosing chamber mesin dengan kuas, jangan lupa untuk membuka bagian dosing chumbernya.

Setelah semua bagian dapat dipastikan bersih dan tidak ada sisa-sisa ampas kopi yang menempel Anda bisa memasang kembali elemen-elemen mesin yang dilepas sebelumnya. Sesudah semua terpasang Anda sudah bisa menggunakan coffe grinder machine kembali.

Nah.. cara membersihkan mesin grinder kopi ini bisa Anda lakukan secara berkala untuk tetap menjaga keawetan mesin. Apabila dirasa mesin grinder kopi sudah penuh dengan ampas-ampas biji kopi segera saja bersihkan. Untuk menghindari penggumpalan maupun hambatan ketika melakukan penggilingan biji kopi berikutnya.

Pembersihan grinder kopi bisa dilakukan minimal 2 kali selama sebulan, atau bergantung juga pada pemakaian mesin. Hal ini sangat penting juga dilakukan untuk menjaga burr atau mata pisau yang ada di dalam mesin agar tetap awet.

Jika, Anda membiarkan sisa-sisa bubuk kopi menempel pada grinder nantinya akan teroksidasi dan menyebabkan jamuran. Kemudian untuk Anda yang menggunakan grinder manual dapat membersihkan dengan baking soda ketika pencucian. Fungsinya menghilangkan noda kotor, jamur dan debu yang menempel.

Apabila grinder jarang digunakan bahkan sudah tidak Anda bisa menyimpannya di tempat khusus dan menutupnya dengan kantong kain goodie bag atau plastik agar tetap awet.

Sekian tips merawat coffee bean grinder, selamat mencoba semoga bermanfaat.

Leave a Reply