You are currently viewing Kenali Jenis Coffee Bean Grinder Terbaik, Manakah yang Cocok untuk Anda?

Kenali Jenis Coffee Bean Grinder Terbaik, Manakah yang Cocok untuk Anda?

Para pecinta kopi pastinya lebih suka mempersiapkan secangkir kopi sendiri dari awal sampai akhir dibandingkan menggunakan kopi instan. Nah, untuk meracik kopi dengan mandiri pastinya Anda membutuhkan coffee grinder. Alat penggiling kopi pastinya sangat penting untuk meracik kopi enak kesukaan dengan cepat dan nikmat. Rasa kopi yang diperoleh konon rasanya lebih otentik dan halus sehingga bisa memberikan pengalaman rasa baru bagi penikmatnya. 

Menggunakan grinder kopi merupakan salah satu cara menentukan tingkat kehalusan bubuk kopi sesuai keinginan Anda. Namun perlu diketahui, tiap coffee grinder memiliki mekanisme yang berbeda-beda dalam menghaluskan. Grinder kopi biasanya sering digunakan secara elektrik, namun beberapa jenis lainnya juga dilakukan secara manual. Rasa yang dihasilkan tentu saja berbeda, sehingga Anda bisa menggunakan grinder yang sesuai dengan selera. 

Grinder Kopi Manual

Bagi para pecinta kopi pastinya memiliki ciri khas tersendiri untuk menghaluskan biji kopi dengan menggunakan tangan sendiri. Bukan berarti Anda melakukannya dengan menggunakan alat tumbuk secara tradisional, namun bisa menggunakan bantuan grinder manual. Grinder manual memungkinkan penggunanya menguasai kendali penuh untuk menentukan tingkat kehalusan dari sebuah kopi. Apalagi yang menarik dari coffee grinder?

Aroma kesegaran dari biji kopi nantinya akan dirasakan selama proses penggilingan kopi akan berlangsung. Bagi Anda yang ingin meresapi pengalaman membuat kopi lebih dalam, maka bisa pilih jenis grinder manual. Saat ini sudah tersedia banyak variasi desain grinder kopi manual yang menarik misalnya desain vintage. Kondisi demikian pastinya akan membuat proses giling kopi akan terasa lebih menyenangkan. 

Grinder Kopi Jenis Elektrik

Jenis coffee bean grinder selanjutnya menawarkan teknik pengolahan biji yang sangat praktis dan efektif. Berbeda dengan kinerja grinder kopi manual, Anda bisa menyajikan banyak kopi dengan menggunakan grinder elektrik. Misalnya banyak kerabat yang datang ke rumah Anda, maka tidak masalah suguhkan kopi sambil berbincang bersama di ruang tamu. Ukuran grinder kopi elektrik sendiri cukup besar, namun membutuhkan space yang besar untuk penempatannya. 

Jenis Blade Grinder

Blade grinder memiliki ciri khas mengandalkan mata pisau untuk memotong biji kopi ke dalam ukuran yang lebih halus. Di pasaran, blade grinder terdiri atas 2 tipe yaitu blade grinder dengan mata pisau lurus dan mata pisau melingkar. Walaupun sepertinya cukup efektif dalam menghaluskan kopi, sistem cuttingnya bisa membantu meningkatkan suhu biji kopi. Harga blade grinder tampaknya juga lebih terjangkau dibandingkan jenis lain. 

Bur Grinder

Jenis coffee bean grinder berikutnya dinamakan bur grinder. Grinder satu ini memiliki 2 pelat penggiling roda bergigi atau mortar. Bur grinder bisa mengatur konsistensi kopi secara presisi bahkan minyak yang ada dalam biji kopi bisa di ekstrak dengan baik. Hal ini membuat rasa kopi kian maksimal sesuai dengan selera pengguna. 

Leave a Reply