You are currently viewing Perbedaan Atap Polikarbonat Gelombang dan Atap Alderon

Perbedaan Atap Polikarbonat Gelombang dan Atap Alderon

Atap plastik gelombang saat ini semakin populer dan diminati banyak orang. Salah satunya adalah atap polikarbonat gelombang dan juga atap alderon. Umumnya, atap alderon akan digunakan sebagai atap kanopi, atap utama, atau wall cladding. Sementara untuk atap polikarbonat gelombang biasanya diaplikasikan untuk atap skylight atau atap yang transparan di area ruangan yang memerlukan cahaya. Lalu, apa perbedaan antara atap polikarbonat gelombang dan atap alderon?

Perbedaan Atap Polikarbonat dan Alderon

  1. Material Bahan

Atap alderon umumnya terbuat dari bahan unplasticizide polyvinyl chloride atau yang lebih dikenal dengan nama atap uPVC yang dibuat tanpa plasticizer yang bisa membuatnya kokoh. Maka tidak heran jika bangunan besar biasanya menggunakan atap uPVC alderon.

Sedangkan untuk atap polikarbonat gelombang biasanya terbuat dari bahan polimer yang istimewa, transparan, lentur, unik, kuat, dan tahan terhadap berbagai suhu. Sehingga sangat cocok untuk diaplikasikan di ruangan yang membutuhkan cahaya.

  1. Jenis Profil

Sekarang ini, atap alderon hanya mempunyai profil bergelombang saja, sedangkan untuk polikarbonat mempunyai profil gelombang dan juga datar. Akan tetapi, alderon sendiri mempunyai varian profile yang bervariasi. 

  1. Ukuran dan Spesifikasi

Atap alderon mempunyai dua tipe, yakni single layer dan juga double layer yang mempunyai rongga. Rongga tersebut akan menahan panas dengan baik dan menyerap suara bising saat hujan. Uniknya lagi, jenis atap yang memiliki rongga ini juga bisa menahan beban sampai 200 kg.

Berbeda dengan atap polikarbonat gelombang yang tersebar luas di pasaran yakni mempunyai 2 tipe satu layer, 2 layer, sampai 3 layer. 

  1. Warna

Atap alderon mempunyai 4 pilihan warna yakni putih doff, putih semi transparan, biru doff, dan biru semi transparan. Sedangkan untuk atap polikarbonat gelombang mempunyai varian warna yang lebih beragam, yakni mulai dari bening transparan sampai bronze atau abu-abu gelap.

Berbeda dengan atap bening polikarbonat yang transparan, atap alderon yang varian doff dan semi transparan atau translucent yang bisa meneruskan cahaya sebesar 20 persen.

Demikian penjelasan mengenai perbedaan antara atap polikarbonat gelombang dan atap alderon. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply