You are currently viewing Ini Dia Keunggulan Atap Metal Terpopuler Untuk Renovasi Rumah

Ini Dia Keunggulan Atap Metal Terpopuler Untuk Renovasi Rumah

Renovasi rumah menjadi salah satu hal penting untuk mengoptimalkan kembali fungsi bangunan tersebut. Atap menjadi salah satu bagian penting yang perlu dipertimbangkan lagi jenis yang akan digunakan agar tahan lama. Untuk itu, Anda dapat mempertimbangkan penggunaan keunggulan atap metal galvalume.

Apa Itu Atap Metal Galvalum?

Ini adalah jenis genteng metal yang saat ini semakin diminati dibandingkan jenis genteng konvensional. Keunggulan atap metal galvalume atau sering dikenal sebagai atap baja ringan merupakan jenis atap yang terbuat dari material baja ringan dan sudah dilapisi dengan zinc atau seng, silicon, dan aluminium. Adanya lapisan tersebut membuat atap terlindung dari oksidasi yang menyebabkan korosi.

Keunggulan 

Atap galvalume menawarkan sejumlah kelebihan yang menjadikannya semakin populer dibandingkan jenis atap lainnya. Berikut ini adalah beberapa keunggulan atap metal tersebut

Tahan Lama

Struktur metal galvalum dapat bertahan lama yakni mencapai lebih dari 20 tahun. Genteng tersebut telah diberi lapisan zinc, silion, dan aluminium yang membuatnya tahan lama terhadap berbagai kondisi cuaca ekstrim panas dan hujan.

Tahan Korosi

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, genteng metal galvalum mengandung lebih banyak aluminium dan zinc yang melapisi baja sehingga memberikan perlindungan tambahan untuk mencegah karat dan korosi.

Fleksibel

Keunggulan Atap metal galvalum dapat dibentuk dengan mudah menjadi berbagai bentuk yang diinginkan. Hal ini memungkinkan Anda untuk mendesain atap dengan warna dan bentuk yang berbeda atau menyesuaikan dengan desain bangunan.

Bobot Ringan 

Genteng metal galvalum memiliki bobot yang jauh lebih ringan dibandingkan jenis genteng logam lainnya maupun genteng konvensional seperti genteng tanah liat. Hal ini membuatnya ideal untuk struktur atap yang tahan gempa. 

Biaya Efisien

Genteng metal galvalum hadir dalam bentuk lembaran. Dengan bentuk tersebut biaya pemasangan yang diperlukan akan lebih rendah karena proses pemasangannya lebih cepat dibandingkan genteng konvensional yang dipasang satu per satu.

Perbedaan Atap Galvalum vs Atap Seng

Sekilas mungkin banyak yang mengira bahwa atap galvalume sama dengan atap seng. Walaupun sekilas bentuknya terlihat mirip, keduanya memiliki lapisan yang berbeda. Seng merupakan lempengan besi dengan lapisan seng. Sementara itu galvalume merupakan lempengan besi baja yang diberi lapisan campuran, silicon, dan seng. Perbedaan lapisan inilah yang membuat keduanya memiliki karakteristik berbeda, termasuk kualitas dan ketahanannya.

Berapa Harga Atap Galvalum?

Harga atap galvalume saat ini sangat bervariasi tergantung dari lebar dan ketebalannya. Semakin tebal dan lebar, maka harganya juga akan semakin mahal. Hal ini berbanding lurus dengan kualitas dan kekuatan yang akan didapatkan.

Demikian sedikit ulasan mengenai keunggulan atap metal galvalume. Atap metal ini sekarang cukup banyak digunakan untuk rumah hunian di daerah perkotaan karena biayanya terjangkau dan proses pemasangannya juga cepat. Dengan keunggulan yang dimilikinya, atap galvalume memang layak untuk dipertimbangkan.

Leave a Reply