You are currently viewing Ketahui, 5 Jenis-Jenis Genteng Metal

Ketahui, 5 Jenis-Jenis Genteng Metal

Ada banyak hal penting yang harus diperhatikan dalam membangun rumah. Salah satunya adalah material genteng. Genteng terbuat dari berbagai bahan, genteng metal saat ini yang paling populer. Atap metal ini lebih dikenal dengan atap genteng metal (metal roof). Terdapat beberapa jenis di pasaran yang jual genteng metal.

  1. Genteng Metal Galvalume Steel

Genteng ini terbuat terutama dari baja karbon/besi dilapisi dengan paduan aluminium dan seng dikenal sebagai baja Galvalume. Genteng ini berbentuk lembaran seperti seng.

Genteng baja galvalume banyak digunakan pada bangunan perkotaan untuk berbagai konstruksi atap, khususnya di luar negeri. Material baja Galvalume sendiri cenderung lentur dan ringan karena terbuat dari baja ringan. Genteng metal jenis ini menjadi populer karena daya tahannya yang kuat dan tahan korosi. Selain itu, genteng ini memiliki tampilan metalik dan banyak pilihan warna. Keunggulan lainnya adalah harga genteng relatif lebih murah dibandingkan dengan harga genteng metal lainnya.

  1. Genteng Metal Tembaga

Atap genteng metal tembaga dikenal sebagai salah satu genteng metal yang paling menarik dan paling mahal dibandingkan dengan genteng lainnya. Banyak orang yang tidak menggunakannya, tetapi biasanya hanya digunakan sebagai hiasan di atas jendela.

Bangunan bersejarah, kubah, bahkan menara gereja menggunakan genteng jenis ini. Anda juga dapat mudah yang jual genteng metal jenis ini. Tembaga mempunyai daya tahan yang cukup kuat dan bertahan lebih dari 100 tahun

  1. Genteng Metal Spandek

Genteng metal spandek sendiri sering digunakan sebagai bagian penutup atap pada mall-mall, gedung komersial, pabrik, dan gudang. Jenis genteng ini terbuat dari Galvalum, atau Zinc Alloy, yang merupakan paduan seng dan aluminium. Namun, ada beberapa produsen atap spandek yang menambahkan bahan silikon untuk menambah kelenturan atap.

Umumnya komposisi yang digunakan untuk membuat genteng metal spandek adalah 43% seng, 55% aluminium, dan 1,5% silikon. Pencampuran ketiga bahan tersebut dapat menghasilkan genteng metal yang kuat, tahan lama dan mudah dibentuk. Permukaannya sengaja dibuat bergelombang untuk memudahkan pengecatan.

  1. Genteng Metal Stainless Steel

Genteng jenis ini adalah bahan yang sangat tahan lama yang sangat cocok untuk melindungi bagian luar bangunan dan metal yang jauh lebih berat dan kuat dari aluminium. Salah satu bahan bangunan paling populer, atap metal ini sangat ideal untuk bangunan yang terpapar kondisi cuaca ekstrim.

  1. Genteng Metal Pasir

Genteng metal pasir merupakan terobosan baru pada genteng metal jenis ini. Material yang digunakan dalam pembuatannya adalah lapisan serbuk batu campuran bahan dasar zinc phospat, zincalume, dan campuran coraltex. Ada berbagai ukuran, dari 0,20mm hingga 0,40mm.

Banyak yang jual genteng metal jenis ini. Genteng jenis ini tidak mudah pecah, tahan terhadap benturan dan goresan, serta memiliki lapisan Coraltex yang dapat menyerap panas. Pewarnaannya dilakukan dengan sistem pengecatan teknologi terkini, sehingga Anda tidak perlu khawatir akan noda atau terkelupas dalam waktu lama.

Leave a Reply