You are currently viewing Mengenal Kelebihan Percetakan Offset

Mengenal Kelebihan Percetakan Offset

Bagaimana percetakan offset masih mampu bertahan di tengah perkembangan teknologi cetak modern tentu memiliki alasan. Metode percetakan offset memang terus mengalami tekanan dan gempuran dari perkembangan teknologi cetak modern, khususnya metode cetak digital. Akan tetapi metode percetakan offset yang kini bisa dikatakan sudah kuno, ternyata memiliki banyak kelebihan.

Biaya Cetak Murah untuk Volume Cetak Banyak

Salah satu kebutuhan cetak dengan metode offset yang berbiaya besar adalah membuat plat cetak. Sebuah desain yang akan dicetak harus dipindahkan ke dalam plat cetak. Ada kebutuhan lebih banyak plat ketika ada banyak desain yang harus dicetak dan tidak muat untuk dibuat dalam satu plat yang sama.

Akan tetapi selama plat cetak dalam kondisi baik, maka desain yang melekat pada plat tersebut dapat digunakan untuk melakukan proses cetak berulang kali. Karena alasan inilah metode cetak offset bisa sangat hemat ketika digunakan untuk melakukan proses cetak dalam jumlah yang banyak.

Proses Cetak Cepat

Salah satu kelebihan utama dari metode cetak offset adalah kecepatan cetak yang cepat. Karena alasan inilah, metode cetak offset paling cocok digunakan untuk melakukan produksi cetakan dalam jumlah besar. Metode cetak offset bisa menjadi solusi paling hemat untuk memenuhi kebutuhan cetak dalam volume yang besar.

Kecepatan yang diperoleh dari percetakan offset berasal mekanisme mesin cetak offset yang sebenarnya sangat sederhana. Hal inilah yang membuat proses cetak offset dapat dilakukan dengan cepat atau tidak memakan banyak waktu. Bagian dari proses cetak offset yang seringkali membutuhkan waktu adalah proses pembuatan plat dan pengaturan mesin cetak. Setelah kedua bagian tersebut terselesaikan, proses cetak offset dilakukan dengan terus mengulang pencetakan secara otomatis.

Kualitas Hasil Cetak Tinggi

Metode cetak offset yang diaplikasikan pada kertas berkualitas baik akan mampu memberikan hasil cetakan yang berkualitas tinggi. Faktor kualitas hasil cetak yang tinggi ini berkaitan dengan ketajaman atau ketelitian hasil cetak serta konsistensi warna yang diperoleh. Kualitas hasil cetak terkait detail dan ketajaman cetakan dapat diperoleh selama proses cetak dilakukan dengan plat yang berkualitas baik dan memiliki citra yang tajam.

Metode cetak offset juga memiliki fleksibilitas tinggi dalam hal pengaturan warna. Proses cetak warna dapat dilakukan dengan memanfaatkan sistem pencocokan warna Pantone atau melakukan pencampuran tinta warna sesuai dengan kebutuhan cetak. Metode ini memungkinkan proses pemilihan warna dilakukan secara manual untuk memperoleh kombinasi warna sesuai dengan keinginan konsumen.

Kelebihan – kelebihan tersebut membuat metode cetak dengan cara offset tetap memiliki konsumen yang besar meski ada kemajuan teknologi cetak digital. Karena alasan ini pulalah percetakan offset tetap memiliki konsumen atau pangsa pasar tersendiri yang sulit disentuh oleh metode cetak yang lain.

Leave a Reply