You are currently viewing Mudah! Ini Cara Print Bolak-Balik Seperti Print Buku Agar Lebih Menghemat Kertas

Mudah! Ini Cara Print Bolak-Balik Seperti Print Buku Agar Lebih Menghemat Kertas

Selama ini mungkin sebagian dari kita lebih sering mencetak kertas dengan satu sisi saja. Padahal jika bolak-balik akan lebih hemat kertas. Tetapi kamu harus tahu, kemampuan printer pendukung print bolak-balik antara file Word dan Excel, dan jenis printer. Langsung kita simak jasa print buku bolak-balik seperti print buku berikut ini.

  1. Print Bolak-Balik dengan Cara Otomatis

Jasa print buku bolak balik dengan cara otomatis ini bisa dilakukan jika printer sudah menerapkan teknologi Duplex. Sejumlah printer sudah memiliki fitur setting printer otomatis tanpa harus diatur manual. Untuk memeriksanya, kamu bisa langsung saja cek menu Double Sided Printing di bagian bawah pengaturan printernya.

Jadi kamu takkan repot-repot lagi mengatur setting ketika mencetak file panjang. Tetapi apabila printer tak menyediakan fitur otomatis, maka harus diatur manual. Caranya, ubah setting Default ke fitur Duplex printing.

  1. Print Buku Bolak-Balik dengan Cara Manual

Jangan khawatir jika memang fitur teknologi Duplex printing tak didukung. Kamu masih bisa print bolak-balik seperti print buku dengan cara manual. Simak langkah-langkah yang ada di bawah ini.

  • Pergilah ke box dialog cetak yang ada di bawah aplikasi printernya
  • Di menu “Print on Both Sides?” Klik Yes Flip Over
  • Scroll ke bawah lalu pilih fitur manual Duplex, simpan pengaturannya
  • Balik ke document Microsoft Word, print document, lalu word akan menginstruksikan untuk menyisipkan page yang akan di print di sisi kertas selanjutnya.

Mungkin kamu mengetahui cara yang lebih praktis, dengan memilih opsi Odd Numbered Pages. Perlu diketahui, cara print buku atau kertas dengan cetak Duplex manual mengharuskan kamu untuk mengetahui fungsi pengumpan kertas.

  1. Print Bolak-Balik Dokumen PDF

Cara cetak PDF otomatis ini berbeda dengan cara cetak file word bolak-balik. Jika yang digunakan printer berteknologi Duplex, kamu hanya bisa melakukan metode ini untuk cetak dokumen PDF bolak balik otomatis. Apabila sudah seperti itu, caranya cukup sederhana, berikut tahapannya.

  • Bukalah dokumen PDF, dan klik File > Print atau tekan CTRL+P
  • Di setting printing, pilihlah Booklet di kolom Page Size and Handling
  • Ubahlah subset Booklet dari 1 sisi menjadi kedua sisi, dan tekan cetak
  • Tunggu proses print selesai

Kamu juga bisa melakukan print bolak-balik di jasa print buku berdasar pada nomor halaman. Cara tersebut lebih cocok untuk mahasiswa yang mengerjakan skripsi karena biasanya makalah dan skripsi mempunyai nomor nomor halaman yang ada di dalamnya.

Itulah pembahasan terkait cara cara print kertas bolak-balik seperti print buku. Ini bisa dilakukan untuk meminimalisir pemborosan kertas. Pilihlah mana cara print paling mudah dan paling praktis untuk dilakukan menurut kamu sendiri. Sekian artikel di atas, semoga bisa membantu.

Leave a Reply