You are currently viewing Jenis Reng Baja Ringan

Jenis Reng Baja Ringan

Reng baja ringan memiliki jenis yang beragam salah satunya dapat digunakan sebagai rangka metal galvanis yang memiliki ukuran dan berat yang berbeda-beda. Material yang digunakan untuk membuat baja ringan itu berasal dari carbon steel dan galvalum yang memiliki ketahanan terhadap korosi, tidak hanya itu pembuatan baja ringan juga menggunakan campuran bahan baik itu karbon maupun alumunium. Lalu apa saja jenis dari baja ringan? Simak artikel berikut ini 

Jenis Reng baja ringan

  1. Jenis baja hollow

Baja hollow itu memiliki bentuk seperti balok yang mana pada bagian ujungnya berbentuk persegi dan dapat dijadikan rangka metal galvanis. Kegunaan dari baja ringan itu antara lain untuk bahan baku atap serta digunakan untuk kanopi

  1. Jenis bahan baja kaso

Kaso digunakan untuk penguat tiang, serta memiliki ketebalan sekitar 0,75mm bahkan sampai 1 mm, bahan baja kaso itu terbuat dari berbagai kombinasi antara baja ringan jenis bondek sehingga kuat dan tahan lama.

  1. Jenis baja bondek 

Jenis baja bondek biasa digunakan untuk rangka pada konstruksi bangunan sehingga dapat menyangga bangunan dengan lebih kuat. Jenis triplek bodek ini biasa digunakan untuk menggantikan triplek pada atap.

  1. Jenis baja spandek 

Baja spandek memiliki bentuk lembaran dan bergelombang yang mana biasa digunakan untuk bagian atap. Tidak hanya itu spandek juga bisa digunakan untuk bagian pelapis yang ada pada dinding karena bahannya yang tahan lama dan anti korosi.

  1. Jenis baja reng

Reng baja ringan memiliki bentuk seperti bilah-bilah, memasangnya melintang biasa digunakan untuk menahan atau untuk sangkutan genteng. Material yang digunakan itu membuat Reng lebih tahan lama dan tahan terhadap korosi atau karat.

  1. Jenis baja ringan kanal bentuk C

Disebut sebagai kanal bentuk C karena memiliki bentuk seperti huruf C, kegunaan dari baja jenis ini yaitu untuk menyusun atap, sehingga dapat menahan kanopi dan langit-langit yang ada pada perumahan maupun gedung bangunan konstruksi Anda.

Ukuran jenis baja 

Baja ringan juga memiliki ukuran yang berbeda antara satu sama lain, begitu juga jika baja tersebut digunakan untuk rangka metal galvanis, berikut ukurannya yang dapat menjadi rekomendasi bagi Anda:

  1. Jenis baja ringan taso

Jenis baja ini memiliki ukuran tinggi dan lebar sekitar 7.5×3,5 cm. Serta memiliki ketebalan sekitar 0.75 -1 serta memiliki panjang 6 meter.

  1. Jenis baja ringan hollow

Hollow jenis ini memiliki ukuran tinggi dan lebar sekitar 1.5x3cmx3x3 cm, tidak hanya itu baja hallow juga memiliki ketebalan sekitar 0,3 mm dan panjangnya sekitar 4 meter.

  1. Spesifikasi jenis baja kanal C

Kanal C memiliki tinggi sekitar 7,5 x 3,5 cm serta tebalnya 0,6-1 mm. Tidak hanya itu saja kanal C juga memiliki tingkat ketebalan 6 meter.

  1. Spesifikasi jenis baja reng.

Jenis baja reng itu untuk tinggi ukurannya 4,8×3 cm sedangkan untuk tebalnya itu sekitar 0,45mm dan panjangnya sekitar 6 meter.

Hal diatas adalah berbagai jenis Reng baja ringan yang dapat menjadi pilihan bagi Anda untuk membangun perumahan maupun gedung.

Leave a Reply