You are currently viewing Tips Ampuh Memilih Baja Ringan Kualitas Terbaik

Tips Ampuh Memilih Baja Ringan Kualitas Terbaik

Ketika membangun konstruksi tentunya banyak hal yang harus dipertimbangkan. Khususnya soal material. Dimana material untuk saat ini sudah banyak yang berkualitas menunjang keamanan. Misalnya seperti baja ringan yang ternyata mampu meredam getaran gempa. Tak heran jika saat ini permintaan pada produsen baja ringan semakin meningkat.

Sudah dilengkapi dengan lapisan anti karat

Saat ini produsen baja ringan memang sudah banyak sekali. Bahkan mungkin di kota Anda sudah ada lebih dari satu pabrikan baja ringan. Hal ini karena memang untuk saat ini baja ringan menjadi material yang banyak dicari karena manfaatnya yang menguntungkan penggunanya.

Walaupun saat ini sudah banyak produsen material baja ringan. Namun tetap saja, Anda harus bisa lebih jeli dalam memilih material baja ringan. Sebab bisa saja produsen baja ringan yang Anda pilih tidak bisa memberikan dukungan kualitas terbaik.

Memastikan baja ringan memiliki lapisan anti karat adalah hal pertama yang bisa Anda lakukan. Tak bisa dipungkiri jika korosi bisa terjadi dan memungkinkan mampu merusak sifat bahan tertentu hingga akhirnya tidak bisa digunakan lagi. Apalagi ada beberapa faktor yang mampu mempercepat proses korosi.

Beberapa faktor yang menjadi penyebab korosi adalah seperti adanya goresan saat pemotongan atau adanya proses singgungan dengan larutan asam. Selain itu cuaca juga bisa memberikan pengaruh hilangnya lapisan anti karat pada material baja ringan.

Oleh karena itu sebelum membeli baja ringan pastika dulu kualitas yang dimiliki serta melakukan coaching sebelum digunakan. Kurangi kesalahan kerja dan jauhkan baja ringan dari larutan asam dan adonan semen.

Adanya nilai yield strength yang lebih tinggi

Yield strength atau tegangan luluh adalah tegangan minimal pada material ketika mulai kehilangan sifat elastisnya. Ketika tekanan mulai meningkat perlahan, maka regangan juga akan mengalami peningkatan. Dan ketika mengalami tekanan tersebut, maka ciri baja ringan berkualitas bagus akan bisa kembali ke bentuk awal.

Jika suatu material mampu melakukan kondisi tersebut, maka material tersebut bisa dikatakan elastis.

Akan tetapi ada satu kondisi mencapai titik maksimal hingga tidak bisa kembali ke bentuk semula atau berhenti mengalami sifat elastis. Dimana tegangan minimal yang paling baik untuk rangka atap adalah sekitar 550 mpa atau G550.

Adanya garansi

Ketika memilih ciri baja ringan dengan kualitas terbaik, tentunya Anda juga harus bisa memastikan kualitas yang dimilikinya. Pada dasarnya kualitas akan berpengaruh terhadap kekuatan produk dan harga yang ditawarkan.

Oleh karena itu penting bagi Anda untuk memilih material baja ringan yang memiliki garansi resmi, dibuat sesuai standar dan presisi.

Nah itulah beberapa cara memilih baja ringan berkualitas terbaik ketika Anda ingin membelinya di produsen baja ringan.

Leave a Reply