You are currently viewing Besi Hollow: Apa Bedanya dengan Hollow Baja Ringan?

Besi Hollow: Apa Bedanya dengan Hollow Baja Ringan?

Kayu pernah menjadi bahan bangunan yang disukai. Namun, kini material bangunan dari logam jauh lebih disukai karena kekuatannya yang lebih bagus. Salah satunya adalah besi hollow

Nah, mungkin Anda cukup bingung dalam membedakan antara besi tersebut dengan hollow baja ringan. Oleh karena itu, berikut kami berikan beberapa penjelasan terkait perbedaannya.

Ukuran

Hollow baja ringan mempunyai 15×30 dan 30×30 dengan panjang 4 meter. Namun, besi berongga pada umumnya mempunyai ukuran yang lebih beragam. Jadi, itulah yang menjadi keunggulan dari besi berongga tersebut. 

Namun, jika Anda bertanya terkait mana yang lebih bagus untuk dijadikan sebagai konstruksi bangunan, maka itu tergantung dari tujuan pembangunan yang Anda lakukan. Jika Anda ingin menggunakan besi untuk interior, maka hollow baja ringan lebih bagus. Namun, jika digunakan untuk keperluan luar ruangan, maka besi berongga adalah yang terbaik.

Lapisan Anti Karat

Meskipun tampilannya mirip, tetapi bahan dasar pembuatan dua jenis besi ini berbeda. Selain itu, lapisan anti karat yang terdapat pada kedua besi tersebut juga sangat berbeda. 

Hollow baja ringan mempunyai lapisan anti karat yang menjadikannya terlihat selalu baru. Lapisan yang digunakan sebagai pencegah karat pada hollow baja ringan adalah Zinium.

Sementara itu, besi berongga juga mempunyai lapisan anti karat yang tidak kalah kuatnya dengan hollow baja ringan. Agar bisa menjadikannya lebih awet, Anda harus melakukan proses pengecatan dan beberapa perawatan lain agar besi tersebut lebih tahan lama.

Penggunaan

Keduanya sama-sama menjadi material yang banyak digunakan untuk konstruksi bangunan. Ternyata, tetap saja ada pembeda di antara dua jenis besi tersebut. 

Besi hollow bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan bangunan, baik itu di dalam ataupun di luar ruangan. Sedangkan hollow baja ringan hanya diperuntukkan pada interior rumah saja. Contohnya adalah untuk pembuatan plafon atau dinding bagian dalam. 

Penjelasan-penjelasan tersebut seharusnya bisa menjadi gambaran untuk Anda terkait perbedaan antara hollow baja ringan dengan besi hollow atau besi berongga. Nah, di antara kedua jenis besi tersebut, mana yang sangat ingin Anda gunakan?

Leave a Reply