You are currently viewing Kelebihan dan Kekurangan Dari Cast Iron Griddles, Griddle Electric, Outdoor Griddles, dan Griddle Pan

Kelebihan dan Kekurangan Dari Cast Iron Griddles, Griddle Electric, Outdoor Griddles, dan Griddle Pan

Griddle merupakan suatu media untuk memasak yang terbuat dari  logam plat. Sistem kerja griddle ini dibantu dengan sumber panas yang bisa menghantarkan panas melalui induksi ke permukaan pelat logam tersebut. Girdle memiliki beberapa jenis dengan kelebihan dan kekurangannya masing masing. 

Ada 4 macam jenis griddle antara lain cast iron griddle, griddle electric, outdoor griddles, griddle pans. Dari keempat jenis griddle yang ada, masing masing jenisnya memiliki kegunaan dan kelebihan yang berbeda. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai apa saja jenis, kelebihan, dan kekurangan griddle. Simak penjelasannya dibawah ini.

  1. Cast iron griddles

Cast iron griddle sering digunakan karena memiliki desain yang compact dan minimalis. Kelebihan dari cast iron griddle ini antara lain adalah memiliki sifat yang awet bila digunakan dan bisa bertahan selama bertahun tahun, tentunya bila melalui perawatan dan penggunaan yang benar. Griddle jenis ini juga memiliki permukaan yang terbuat dari stainless steel yang bersifat kokoh sehingga akan memudahkan dalam memasak baik itu dilakukan di atas api langsung maupun di atas panggangan. Logam material dasar dari cast iron griddle ini terbuat dari logam yang aman bagi kesehatan. Kekurangan dari griddle jenis ini adalah memiliki berat yang lebih berbibit bila dibandingkan dengan griddle electric, outdoor griddles, griddle pans. 

  1. Griddle electric

Electric griddles ini menggunakan sumber listrik sebagai sumber panas. Griddle jenis ini memiliki desain yang compact dengan permukaan yang luas. Kelebihan dari griddle electric adalah panas yang dihasilkan lebih merata dan sama, memiliki fitur pengaturan suhu sehingga untuk panas yang dihasilkan bisa diatur sesuai kebutuhan. Kekurangannya adalah memiliki kabel yang pendek, dan minyak pada trat griddle sulit dibersihkan.

  1. Outdoor griddles

Griddle ini sesuai namanya biasanya digunakan diluar ruangan. Kelebihan dari girdle jenis ini bila dibandingkan dengan cast iron griddles, griddle electric, dan griddle pans antara lain adalah memiliki permukaan stainless steel yang kokoh dengan desain alat panggang yang sesuai dengan standar yang ad. Memiliki permukaan yang datar tanpa cekungan sehingga minyak mudah dibersihkan. Sedangkan kekurangan dari outdoor griddles adalh kebanyak tidak memiliki ganggang panggangan sehingga harus berhati hati.

  1. Griddle pans

Griddle ini biasanya dibuat dengan bahan anti lengket walaupun kebanyakan dari jenis griddle seperti cast iron griddles, griddle electric, outdoor griddles terbuat dari plat besi. Kelebihan dari jenis griddle ini adalah bahan dasar alumunium yang telah melalui proses anodize sehingga panas lebih merata, terbuat dari lapisan anti lengket, dan dapat dikombinasikan dengan oven. Kekurangannya adalah bila dipanaskan berlebihan maka akan menjadikan bahan metal yang ada melengkung.

Leave a Reply