You are currently viewing Kelebihan Deep Fryer Dan Cara Perawatannya

Kelebihan Deep Fryer Dan Cara Perawatannya

Jika anda memiliki bisnis kuliner terutama yang menyajikan berbagai makanan yang digoreng, maka deep frying gas sangat direkomendasikan. Berikut ini adalah kelebihan dan keuntungan menggunakan deep fryer beserta bagaimana perawatannya.

Kelebihan Menggunakan Deep Fryer

Setiap alat masak, apapun jenisnya tentu memiliki keunggulannya masing – masing. Sama halnya dengan deep frying gas ini yang mana menawarkan beragam keuntungan. Apa sajakah kelebihan dari deep fryer ini? Berikut adalah beberapa diantaranya.

  1. Masak Lebih Cepat

Kelebihan deep fryer yang pertama adalah dimana proses memasak lebih cepat. Hal ini karena bentuk wajan deep fryer berupa kotak dan menjorok ke dalam sehingga dapat menampung banyak. Dengan begitu. Maka sekali memasak bisa dalam jumlah yang banyak sekaligus.

  1. Ada Pengatur Suhu Minyak

Alat menggoreng jika dilengkapi dengan alat pengatur suhu minyak pastinya akan sangat bermanfaat. Suhu yang terkontrol akan menghasilkan hasil masakan yang tergoreng secara merata.

  1. Masakan Matang Sempurna

Berkaitan dengan point kedua diatas, ketika suhu minyaknya dapat diatur maka secara otomatis makanan yang dimasak bisa matang sempurna. Tekstur pas, matang keseluruhan tanpa harus ada bagian masakan yang masih mentah atau bahkan gosong.

  1. Hemat Waktu

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa menggoreng menggunakan deep fryer bisa dalam jumlah yang banyak sekaligus. Sehingga bisa lebih menghemat waktu memasak. Sangat cocok digunakan untuk bisnis kuliner yang selalu dituntut masak cepat dengan hasil yang sempurna.

Dengan kelebihan yang sudah dijabarkan diatas rasanya sudah cukup menjawab alasan mengapa deep fryer ini sangat direkomendasi untuk mendukung proses memasak dalam bisnis kuliner.

Tips Perawatan Deep Fryer

Jika anda memiliki deep frying gas dan ingin agar alat penggorengan tersebut awet, maka tentunya harus diimbangi dengan cara perawatan yang tepat. Perawatan yang tepat akan meminimalisir adanya kerusakan pada mesin. Sehingga secara otomatis mesin akan awet digunakan jangka waktu yang lama.

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu dilakukan ketika melakukan perawatan deep fryer.

  1. Sebelum melakukan pembersihan pada bagian mesin deep fryer, sangat disarankan agar memastikan bahwa colokan listrik atau  regulator gas sudah dicabut.
  2. Pastikan sebelum dibersihkan, minyak sudah dalam keadaan dingin. Tuang bekas minyak untuk menggoreng dalam wadah seperti jerigen.
  3. Masukkan air kedalam wajan deep fryer kemudian didihkan
  4. Jika sudah mendidih, matikan mesin kemudian gunakan sikat berbahan lembut untuk menghilangkan sisa makanan yang menempel serta minyak – minyak yang masih menempel.
  5. Tunggu air dingin, kemudian kuras airnya.
  6. Lakukan proses pembersihan secara rutin terutama setelah digunakan.

Dengan menerapkan beberapa tips perawatan diatas, maka akan menjaga kebersihan wajan dan mesin sehingga deep frying gas tentunya akan lebih awet.

Leave a Reply